English Club Mitra Netra

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang telah dipakai banyak orang, namun tidak banyak masyarakat Indonesia yang memakainya dalam keseharian mereka. Bahasa tersebut cukup penting, karena dengan memakai Bahasa Inggris masyarakat akan lebih maju dalam berbagai hal, salah satunya dalam hal karir. Dengan demikian, kita harus mempelajarinya.

Begitu juga dengan tuna netra, mereka diharapkan untuk ikut maju dalam Bahasa Inggris. Bahasa Inggris penting bagi mereka, dan English Club merupaan jawabannya. English Club merupakan salah satu bagian dari Mini Learning Centre. English Club memberikan pengetahuan tentang Bahasa Inggris yang perlu mereka ketahui. English Club mulai dibentuk pada bulan Agustus 2009, dimana klien dapat mengikuti sesi EC (English Club) dengan datang ke Mitra Netra setiap hari Selasa dan Rabu.

EC diajarkan oleh Ms. Irma dan sepasang suami isteri yaitu Mr. Eko dan Mrs. Mary. Mereka akan mengajarkan tuna netra tentang conversation, grammar, juga diskusi-diskusi mengenai kehidupan sehari-hari. Para pengajar pun mengharuskan tuna netra untuk berbicara Bahasa Inggris di hari Selasa.

Selain kegiatan-kegiatan diatas, EC telah mengadakan berbagai aktifitas-aktifitas yang menarik untuk dilakukan klien yaitu English Spelling Contest, English Speech Contest, English Club visit Diknas Library, English Club with Britainzone, dan sebagainya. Sedangkan dua acara penting yaitu English Spelling Contest dan English Speech Contest merupakan kompetisi yang diadakan berkala yang diikuti oleh para klien.

Pada tanggal 31 Agustus 2010, saya berkesempatan untuk melihat kegiatan mereka di EC. Pada saat itu, mereka sedang mempelajari conversation mengenai uang, dan mereka sangat senang mempelajarinya, karena mereka bisa mengetahui cara berbicara Bahasa Inggris dengan baik. Menurut klien, belajar Bahasa Inggris dapat memajukan mereka dan memberikan motivasi untuk belajar lebih giat. Harapan EC kedepan adalah menjadikan EC terstruktur rapi dan mempunyai lab bahasa bagi para tuna netra.

Komentar Anak-Anak Tuna Netra Terhadap Adanya English Club

"Fun, I can learn something. I want to develop in English."-Roy-

"It can improve my English and gives me motivation. In the future, I wish Mitra Netra hold another English Contest like in the past." -Pricilla-

"More grammar." – Meina-