Saung Harmoni, Wadah Tunanetra Menempa Diri dalam Seni

Perkenalkan, nama saya Okky. Saat ini saya aktif sebagai klien di Mitra Netra. Saya ingin berbagi cerita tentang Saung Harmoni, sebuah grup yang dibentuk Mitra Netra untuk mewadahi tunanetra bermain angklung, biola, dan musik akustik, dimana saya turut aktif di dalamnya.

Saung Harmoni sudah beberapa kali tampil di berbagai acara. Pada 3 September 2012 yang lalu, kami tampil dalam peluncuran produk Standard Chartered Bank di Jakarta. Dalam acara ini Saung Harmoni melibatkan tujuh belas orang tunanetra dengan komposisi sebelas orang memainkan angklung dan enam orang memainkan alat musik akustik. Kami menampilkan lima lagu pop dan daerah. Untuk acara ini, kami berlatih secara intensif kurang lebih dua bulan sebelumnya.

Selanjutnya, pada 2 dan 3 November 2012, kami tampil di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) sebagai pengiring musik pembuka dan penyambut tamu dalam Pementasan Wayang Urban “Sintamu Sintaku” yang digelar oleh Komunitas BudayaKu, sebuah sebuah lembaga yang terdiri atas sekelompok individu dari berbagai profesi yang memiliki kesamaan dan tujuan untuk menjadikan seni dan budaya Indonesia sebagai akar budaya bangsa dan menjadi tolak ukur dalam menerima budaya luar yang masuk dalam era globalisasi.

Dalam acara ini, kami menampilkan tujuh lagu dengan komposisi empat lagu dengan iringan angklung dan tiga lagu dengan iringan gabungan biola dan musik akustik serta melibatkan dua puluh dua orang tunanetra tanpa seorangpun pendamping orang yang berpenglihatan.

Kami saling bahu-membahu, bekerja sama satu sama lain, mulai saat berjalan ke tempat acara, membagikan alat musik ke setiap personil hingga mengumpulkan alat musik tersebut setelah selesai kami gunakan. Kami bersyukur mendapatkan kesempatan untuk tampil di tempat yang menjadi barometer pagelaran kesenian di Jakarta dan Indonesia ini. Harapan kami, semoga semakin terbuka kesempatan untuk tampil di berbagai acara sehingga menambah “jam terbang” penampilan agar kami memiliki pengalaman dalam menghadapi berbagai ragam penonton.

Semua kegiatan yang kami lakukan bukan tanpa kendala. Namun, semuanya kami anggap sebagai ujian yang harus dihadapi agar sesuatu yang dapat kami banggakan untuk perkembangan diri kami dapat tercapai.

Berbagai agenda Saung Harmoni yang lain siap menanti. Kami siap mengerjakannya dengan penampilan yang lebih baik lagi.

Bagi teman-teman yang membaca artikel ini dan tertarik untuk bergabung dalam Saung Harmoni, dengan senang hati, kami akan menyambutnya. Sejatinya, kami masih membutuhkan banyak anggota untuk sama-sama meraih mimpi, yakni bisa berkeliling Eropa bahkan dunia dengan menggelar konser kesenian tradional dan modern oleh tunanetra di berbagai gedung kesenian di sana.

Jadwal latihan Saung Harmoni pada hari Senin dan Rabu, jam 16.00—17.30 di Mitra Netra. Ke depan, kami berencana menambah satu jenis kegiatan lagi, yakni vocal group. Kami berharap dengan kehadiran vocal group, Saung Harmoni akan lebih menarik dalam memadukan musik tradisional dan modern.

Mari bergabung bersama kami dalam wadah Saung Harmoni.

*Okky, tunanetra aktivis Saung Harmoni Mitra Netra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *