Perayaan Ulang Tahun Pertama Mitra Netra German Club

Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa yang mungkin pamor dan peminatnya masih kalah dibandingkan Bahasa Inggris yang telah menjadi bahasa internasional di masa sekarang ini. Namun bukan berarti Bahasa Jerman kehilangan peminat dan menjadi sesuatu yang tidak menarik untuk dipelajari. Di Yayasan Mitra Netra, Bahasa Jerman menjadi salah satu Program MLC atau Mini Learning Center, yaitu Mitra Netra German Club.

Kelas pertama klub ini dimulai pada 14 Desember 2011 dan Rosa Mery menjadi Instrukturnya. Rosa, seorang tunanetra low vision, awalnya juga seorang klien Mitra Netra yang telah menyelesaikan pendidikann sarjananya di Program Studi Jerman, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (UI) pada 2011 yang lalu. Pembawaannya yang sabar dan santai membuat Bahasa Jerman yang tidak familiar di telinga teman-teman tunanetra, menjadi sesuatu yang sangat bersahabat sekaligus menyenangkan. Bahkan, German Club kini mempunyai beberapa peminat setia yang hampir tak pernah absen dalam setiap pertemuannya.

Jadwal German Club adalah setiap Rabu, pukul 14.00 –16.00. Banyak hal yang telah dipelajari di klub ini, antara lain pengenalan dasar dari alfabet, angka, dan perkataan yang digunakan sehari-hari dalam bahasa Jerman. Selain itu ada pula materi yang berhubungan dengan susunan tata Bahasa Jerman yang kadang cukup membuat kebingungan. Namun hal itu tidak mengurangi semangat teman-teman untuk tetap memahami materi yang diberikan. Tak jarang pula, Rosa memberikan game seru dan mengganti tempat belajar agar teman-teman tidak mudah bosan.

Tidak terasa German Club telah merayakan usianya yang pertama pada Desember 2012 kemarin. Frau Rosa (Frau adalah panggilan untuk perempuan dalam Bahasa Jerman) mengadakan sebuah game yang lain dari biasanya dalam rangka merayakan ulang tahun ini. Game ini dinamakan “Die Spuren Suchen” atau dalam Bahasa Indonesia berarti permainan mencari jejak. Aturan mainnya, teman- teman dibagi dalam dua kelompok dan diharuskan mencari petunjuk berupa CD (compact disc) yang telah disembunyikan di sepuluh tempat di lingkungan Yayasan Mitra Netra. Petunjuk-petunjuk yang harus ditebak artinya tersebut hampir semuanya menggunakan Bahasa Jerman yang bertujuan agar teman-teman dapat tetap belajar dalam permainan yang sedang berlangsung.

Teman-teman sangat bersemangat mengikuti petunjuk yang diberikan Frau Rosa dan berlomba-lomba menemukan CD yang disembunyikan. Di akhir game, satu orang yang berhasil menebak petunjuk tempat CD terakhir disimpan akan mengambil hadiah berupa kue yang menjadi tanda perayaan ulang tahun German Club.

Teman-teman German Club berkumpul menikmati kue, berdiskusi ringan, dan menyanyikan lagu ulang tahun yang tentunya tetap dalam Bahasa Jerman. Semoga German Club mampu memberikan manfaat lebih dan mempererat kebersamaan yang telah terjalin di antara anggotanya. Hari itu Jerman Club telah membuktikan di usianya yang baru menginjak satu tahun mampu merangkul peminatnya menjadi sebuah keluarga yang solid, yaitu keluarga kecil Mitra Netra German Club.

Zum Geburtstag German Club! Selamat ulang tahun German Club!

*Juwita, anggota Mitra Netra German Club.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *