Saung Harmoni Mitra Netra Tampil Memukau di Kalibata City

Halo teman-teman…

Kali ini kami akan berbagi cerita tentang pengalaman penampilan Saung Harmoni di Kalibata City, Jakarta Selatan pada 1 Desember 2012 yang lalu.

Di Kalibata City ini, Saung Harmoni diundang untuk mengisi acara yang diselenggarakan oleh Mimi Institut, sebuah lembaga konsultasi, pelatihan dan publikasi yang mengedepankan pengembangan sensitivitas melalui pemahaman disabilitas untuk kehidupan yang lebih baik, bekerja sama dengan beberapa pihak dalam rangka merayakan Hari Disabilitas Internasional. Penampilan ini merupakan yang ketiga setelah penampilan di Standard Chartered Bank dan Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Kami merasa sangat senang dengan keikutsertaan beberapa teman baru yang bergabung dalam Saung Harmoni dalam penampilan ini.

Kami menampilkan musik angklung, grup band SBM (Saung Belakang Mitra), alunan biola dari string, dan vocal group dadakan yang baru dilatih beberapa hari sebelum tampil. Memakai kostum bebas dengan warna dominan merah atau hijau serta bawahan jeans, kami tampil sekitar dua jam.

Acara berjalan cukup lancar meskipun ada beberapa masalah teknis dalam sound system. Tidak adanya pendamping pun tidak menjadi masalah yang cukup berarti karena teman-teman sangat mengerti kondisi yang sangat ramai disana dan saling membantu satu sama lain.

Setelah acara berakhir, seperti biasa kami berkumpul untuk melakukan evaluasi penampilan bertempat di Saung Mitra Netra pada 3 Desember 2012. Dalam pertemuan ini teman-teman anggota Saung Harmoni bergantian memberikan komentar, saran, kritik, dan solusi untuk beberapa masalah. Keadaan itu jauh lebih baik daripada evaluasi penampilan kami sewaktu di Gedung Kesenian Jakarta yang pada saat itu tidak banyak masukan dari teman-teman. Kami menganggap dengan banyaknya masukan dari teman-teman berarti perhatian mereka juga bertambah besar untuk kepentingan dan kebaikan Saung Harmoni di waktu mendatang.

Agenda kami berikutnya adalah penampilan pada 26 Januari 2013 mendatang di Mal Citraland, Jakarta Barat pada acara Pengetikan Ulang Buku oleh Relawan. Kami akan berusaha menampilkan panampilan yang berbeda disana. Dengan waktu yang cukup panjang untuk latihan, kami berharap dapat memberikan penampilan yang semakin baik.

Tak pernah bosan, Saung Harmoni mengajak teman-teman tunanetra untuk bergabung bersama kami. Terima kasih untuk semua pihak yang mendukung penampilan kami di di Kalibata City ini.

Tetap semangat, Saung Harmoni!

*Okky, tunanetra aktivis Saung Harmoni Mitra Netra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *