Training of Trainer (TOT) Pemrograman Komputer bagi Tunanetra

Suara Edukasi – Dalam upaya meningkatkan kapasitas Sekolah Luar Biasa (SLB) dan organisasi ketunanetraan agar dapat memiliki kompetensi untuk berperan memberdayakan tunanetra di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Yayasan Mitra Netra, didukung Overbrook Nippon Network on Educational Technology (ON-NET) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) “Pemrograman Komputer PHP dan MySQL Tingkat Dasar Perspektif Tunanetra”.

Kegiatan ini dilaksanakan 22—27 April 2019, di Hotel Park 5 Cilandak, Jakarta Selatan. Kegiatan diikuti oleh 16 orang peserta dari 8 lembaga, yakni:

– SLB-A Negeri Kota Bandung, Jawa Barat.
– SLB-A Yaketunis, Yogyakarta.
– SLB-A Negeri 3 Martapura, Kalimantan Selatan.
– SLB-A Yapentra, Tanjung Morawa, Sumatera Utara.
– DPD Pertuni Jawa Tengah.
– DPD Pertuni Jawa Timur.
– DPD Pertuni Bali.
– DPD Pertuni Sulawesi Selatan.

Acara dibuka secara resmi oleh Dra. Tita Srihayati, M.Phil.SNE. Kasi Pembelajaran, Direktorat Pembinaan PK-LK, Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.

Sehubungan dengan kegiatan ini, Bambang Basuki, Ketua Yayasan Mitra Netra mengatakan bahwa tuna netra juga bisa produktif, bahkan menjadi programer.

Melalui kegiatan ini, lembaga-lembaga tersebut diharapkan dapat mengembangkan pelatihan, mengajarkan dan/atau menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan pemrograman PHP dan MySQL yang diperoleh dalam TOT kepada tunanetra dampingannya di daerah masing-masing.
(aar)

Sumber: https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/training-of-trainer-tot-pemrograman-komputer-bagi-tunanetra/