5 benda yang perlu dipersiapkan tunanetra menjelang masuk sekolah

Menjelang moment tahun ajaran baru biasanya banyak siswa yang membeli perlengkapan sekolah baru seperti tas, sepatu, seragam, bahkan membeli satu set peralatan tulis yang baru. Nah, hampir sama dengan siswa siswi non-tunanetra, sahabat tunanetra pun juga memiliki kesibukan tersendiri untuk mempersiapkan perlengkapan sekolahnya. Jika kebutuhan seragam hingga tas sekolah siswa tunanetra sama dengan teman-temannya yang bukan tunanetra, maka ada benda-benda tertentu yang berbeda dan wajib dimiliki pelajar tunanetra. benda apa saja ya ya, yang perlu disiapkan sahabat tunanetra menjelang masuk sekolah? Check list-nya berikut ya!

Reglet

Alat tulis adalah benda paling penting yang harus disiapkan sahabat tunanetra menjelang masuk sekolah. Reglet dan styllus merupakan alat tulis yang familiar di antara sahabat tunanetra. Reglet umumnya berbentuk menyerupai penggaris yang terdiri dari 2 plat yang dihubungkan dengan engsel untuk menjepit kertas braille saat menulis. Plat atas dari reglet memiliki petak-petak lubang yang tembus, sedangkan pada plat bawah, terdapat pula petak-petak lubang tak tembus. Petak lubang pada plat atas berfungsi untuk menusukkan styllus dan lubang tak tembus di plat bawah akan menjaga agar kertas tidak berlubang. Barisan petak-petak lubang pada reglet tersedia dalam 4 baris, 6 baris dan 27 baris.

Riglet dan stylus

Stylus

Masih berbicara tentang alat tulis khas tunanetra. jika sahabat tunanetra telah memiliki reglet, maka tak lengkap rasanya kalau tak ada styllus bersamanya. Benda kedua yang paling penting dipersiapkan saat menjelang masuk sekolah ini berbentuk seperti paku kecil. Ujung styllus yang tajam berfungsi sebagai penusuk kertas pada reglet. Di ujung yang lain, styllus berbentuk tumpul yang berguna untuk pegangan sekaligus tempat memberi tekanan saat menusuk. Selain itu, ujung yang tumpul ini juga bisa dipergunakan untuk menghapus huruf timbul braille dengan cara menggosokkannya pada tusukan yang salah hingga menjadi rata kembali. Wah, Multifunsi ya!

 Buku Tulis Braille

Nah, jika sahabat tunanetra sudah memiliki alat tulisnya, benda  yang perlu dipersiapkan menjelang masuk sekolah adalah buku tulis braille. buku tulis braille sangat jarang, atau bahkan mungkin tidak dapat ditemukan di toko perlengkapan sekolah biasa maupun khusus untuk tunanetra. umumnya kertas braille dijual dengan satuan lembar. Akan tetapi, dengan sedikit kreativitas, sahabat tunanetra bisa menjilid kumpulan kertas braille tersebut menjadi buku tulis braille. jenis jilid spiral sangat disarankan untuk menyatukan kertas-kertas braille ini menjadi sebuah buku, agar nantinya tulisan braille sahabat tunanetra tidak tertekan dan tetap mudah dibaca. Penasaran mau coba?

Buku Braille

Alat Perekam Suara

Salah satu cara  efektif bagi para sahabat tunanetra untuk menerima pelajaran adalah dengan mencatat atau merekam. Sejak dahulu, banyak pelajar tunanetra yang merekam materi atau isi buku pelajaran dalam bentuk audio agar bisa didengarkan kembali kapan saja mereka membutuhkannya. Jika dahulu para pelajar tunanetra menggunakan tape recorder dan kaset pita untuk proses perekaman tersebut, kini mereka cukup memiliki voice recorder atau alat perekam suara canggih lainnya. Alat perekam suara ini merupakan benda wajib yang perlu dipersiapkan menjelang masuk sekolah , terutama bagi tunanetra yang belum lancar mempergunakan huruf braille.

alat perekam suara

Tongkat Tunanetra

Meski pun bukan termasuk dalam kategori alat tulis, akan tetapi tongkat tunanetra adalah benda yang cukup penting dipersiapkan oleh sahabat tunanetra menjelang masuk sekolah. Alat bantu yang sering dikenal dengan sebutan tongkat putih ini merupakan pengganti “mata” para tunanetra untuk berjalan dan mengenali lingkungan sekitarnya. Saat di sekolah, tentu sahabat tunanetra tidak hanya duduk di kelas saja bukan? Mereka juga ingin pergi ke kamar kecil, membeli kue di kantin atau sekedar berjalan-jalan bersama teman-teman lainnya. Dengan bantuan tongkat inilah, mereka dapat bermobilitas secara aman dan nyaman.

tongkat tunanetra

Nah, itulah beberapa benda yang perlu dipersiapkan sahabat tunanetra menjelang masuk sekolah ya! Sudah tahu list barangnya, tapi masih bingung harus beli di mana? Kunjungi saja Visi Inklusi, bagian unit usaha Yayasan Mitra Netra di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.  Telpon 021-75916224atau order online di tokopedia.com/visiinklusi dan website: www.visiinklusi.com