Dari Matematika Hingga Bahasa Inggris: Layanan Pendampingan Belajar Tunanetra di Mitra Netra

Banyak cara yang dapat membuat siswa tunanetra berprestasi di sekolahnya. Beberapa usaha yang dapat dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan khusus mereka, seperti penyediaan alat bantu dan berbagai pelatihan agar mereka dapat belajar lebih mandiri. Mitra Netra sebagai organisasi yang senantiasa mendorong tunanetra dampingannya dalam menempuh pendidikan inklusif, dengan catatan tak memiliki hambatan lain, juga berperan aktif memberikan layanan pendampingan belajar atau yang biasa disebut dengan layanan tutorial. Mau tahu apa saja jenis layanan pendampingan belajar untuk tunanetra? Lihat daftarnya berikut ini, ya…

Matematika

Balok geometri
Layanan pendampingan belajar matematika adalah salah satu jenis layanan yang cukup diminati di Mitra Netra. Anggapan bahwa para siswa tunanetra sulit menguasai bidang ilmu pasti, membuat para orang tua ingin memberikan waktu belajar tambahan bagi anak-anaknya. Walaupun demikian, Mitra Netra ingin mematahkan anggapan yang salah tersebut. Dengan memberikan pendampingan belajar bersama tutor yang ahli dan mengembangkan metode pembelajaran yang cukup kreatif, Mitra Netra berharap akan semakin banyak siswa tunanetra yang menggemari matematika atau bidang ilmu pasti lainnya.

Bahasa Inggris

tulisan English Language pada papan tulis
Komunikasi verbal sangat penting bagi tunanetra yang memiliki keterbatasan secara visual, sehingga kemampuan menguasai bahasa asing merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan. Oleh karena itu, bahasa Inggris merupakan salah satu subjek studi yang menjadi layanan pendampingan belajar di Mitra Netra. Umumnya tunanetra memanfaatkan layanan pendampingan belajar ini untuk menunjang pendidikan sekolah atau untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya. Di Mitra Netra kelas bahasa Inggris ini disebut dengan English Club. Pengajarnya adalah sesama tunanetra dan diajarkan dalam bentuk kelompok ataupun individual.

Baca juga: Tunanetra Unjuk Kemampuan Berbahasa Inggris dalam Mitra Netra English Contest 2013

Baca-Tulis Braille

Buku Braille
Nah, untuk layanan yang satu ini tidak hanya diperuntukkan bagi tunanetra usia anak-anak, namun juga untuk seseorang yang mengalami ketunanetraan di usia dewasa. Pendampingan belajar baca-tulis Braille ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberi pemahaman bentuk huruf Braille serta memperlancar kemampuan membaca dan menuliskannya. Dalam pembelajarannya, para tunanetra diajarkan mulai dari bentuk huruf, tanda baca, angka hingga simbol-simbol matematika. Pengajar di Mitra Netra menggunakan cara belajar yang kreatif dan menyenangkan, disesuaikan dengan hal-hal yang digemari oleh tunanetra. Wah, pasti menyenangkan, ya…

Program Ujian Kesetaraan (Kejar Paket)

dua tunanetra sedang berdiskusi
Banyak tunanetra yang sejak kecil tidak pernah mengenyam bangku sekolah atau putus sekolah karena mengalami gangguan penglihatan. Ketika datang ke Mitra Netra, mereka disarankan untuk mengikuti program ujian kesetaraan (kejar paket). Ujian kesetaraan ini biasanya dianjurkan bagi tunanetra yang usianya telah lewat dari usia sekolah atau mereka yang mengalami kendala lain sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan di SLB dan sekolah umum. Mitra Netra yang biasanya hanya membantu proses pendaftaran ujian kesetaraan bagi tunanetra, juga mendapatkan banyak permintaan untuk membantu mendampingi pembelajaran persiapan ujian tersebut. Alhasil, kini Mitra Netra pun memiliki layanan pendampingan belajar untuk program kejar paket tersebut. Layanan tutorial kejar paket ini dilaksanakan oleh tim pengajar Mitra Netra dengan dibantu oleh relawan tunanetra yang lebih senior dengan menggunakan metode belajar peer teaching.

Baca Juga: Peer Teaching, Bentuk Partisipasi Relawan Tunanetra dalam Layanan Pendampingan Belajar

Nah, itulah beberapa jenis layanan pendampingan belajar atau tutorial di Mitra Netra. Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya agar tunanetra dapat bergabung dan mendaftarkan diri untuk mengikuti layanan pendampingan belajar tersebut?
Keluarga bersama tunanetra dapat berkunjung ke Mitra Netra yang berkantor di Jalan Gunung Balong II No. 58 Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Selanjutnya, bertemu dengan Bapak Muizzudin Hilmi di Bagian Rehabilitasi dan Diklat. Selain itu, keluarga atau tunanetra juga dapat terlebih dahulu menghubungi Beliau melalui telepon: 021-7651386 untuk membuat janji pertemuan dan berkonsultasi. Mudah, kan?

*Juwita Maulida

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *