Menumbuhkan Sikap Gemar Membaca Buku pada Tunanetra dengan Alat Bantu EVO 5

Pernahkah terbersit dalam benak, bagaimana Sahabat Tunanetra bisa membaca sebuah buku? Tentu saja yang pertama kali terpikirkan adalah tunanetra membaca buku dengan huruf timbul yang lazim disebut huruf braille. Cara membaca buku ini adalah dengan cara merabanya. Akan tetapi, membawa buku braille dengan ukuran cukup tebal tersebut, tidaklah praktis bagi Sahabat Tunanetra jika ingin membacanya di tempat-tempat umum. Kini, dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, tunanetra dapat membaca buku dengan cara yang lebih praktis, mudah dan dapat dilakukan kapan saja. Seperti misalnya saat menunggu transportasi umum, dalam perjalanan dan menemani saat mengerjakan pekerjaan rumah. Sama halnya seperti sahabat non-tunanetra ya!

Penasaran kecanggihan teknologi seperti apa yang dapat memudahkan Sahabat Tunanetra membaca buku? Sebelumnya kita simak dulu yuk, jenis buku yang “ramah” bagi tunanetra.

  1. Buku Braille
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis buku ini adalah seperti buku biasa dengan cetakan huruf timbul braille di dalamnya. Cara membacanya dengan diraba dan biasanya buku ini berukuran cukup tebal. Hal ini dikarenakan kertas dari buku ini lebih tebal dibanding kertas biasa. Perbandingan buku braille dengan buku cetak tinta adalah 1 halaman buku cetak tinta sama dengan 3 halaman dalam bentuk braille.

  2. Buku elektronik (e-pub)
    Ternyata buku elektronik atau e-book yang sering dinikmati oleh sahabat non-tunanetra, dapat juga diakses oleh Sahabat Tunanetra, lho! Salah satu jenis e-book yang akses bagi Tunanetra adalah buku elektronik dengan format e-pub. Tunanetra dapat membaca buku ini dengan menggunakan ponsel pintar atau perangkat computer yang dilengkapi dengan software pembaca layar.

  3. Buku Audio Digital
    Buku audio digital adalah salah satu jenis buku yang banyak digemari oleh Sahabat Tunanetra. Di Perpustakaan Mitra Netra, proses produksi buku yang disebut dengan Digital Talking Book (DTB)ini, rupanya cukup panjang. Mulai dari proses pembacaan buku dan direkam di studio baca, kemudian pengeditan dalam farmat Daisy, dan berikutnya di-copy dalam bentuk kepingan CD (compact Disc). Format Daisy pada buku audio ini memungkinkan Sahabat Tunanetra dapat mengakses buku ini layaknya orang non-tunanetra membaca buku cetak tinta. Misalnya memberikan bookmark, melompat antar bab atau per halaman.

Baca juga: Buku Bicara Digital, Media Alternatif Masa Depan Bagi Tunanetra

Ketiga jenis buku tersebut, saat ini telah banyak diproduksi oleh bagian produksi dan perpustakaan Mitra Netra. Akan tetapi, tidak hanya berhenti pada produksi buku yang ramah bagi tunanetra. Mitra Netra juga terus mengembangkan layanannya, khususnya dalam meningkatkan sikap gemar membaca pada tunanetra. Upaya demi upaya dilakukan untuk menumbuhkan sikap tersebut hingga membawa Mitra Netra “menemukan” sebuah alat bantu pembaca buku khusus untuk Sahabat Tunanetra. Alat bantu tersebut dikenal dengan EVO 5.

Apa itu EVO 5?

EVO 5 dalam genggaman tangan
Menurut Aria Indrawati, Kabag Humas Mitra Netra, Evo 5 adalah alat bantu membaca buku audio digital dan buku e-pub khusus untuk tunanetra, sangat ringan dan mudah digunakan, bahkan oleh anak-anak tingkat SD dan SMP. Di samping berfungsi sebagai alat membaca buku, Evo 5 juga memiliki fitur lain misalnya untuk merekam, mendengarkan music dan radio, bahkan bisa juga menentukan arah dengan kompas dan berhitung dengan calculator.

Layanan peminjaman EVO 5 di Perpustakaan Mitra Netra

Dimulai sejak April 2019, EVO 5 ini dapat dinikmati oleh anggota perpustakaan Mitra Netra dengan syarat tertentu. Syarat tersebut misalnya, tunanetra yang rajin membaca buku dan harus menandatangani perjanjian peminjaman.

Baca juga: Fasilitas Istimewa dari Mitra Netra, bagi Tunanetra yang Gemarr Membaca

Aria menceritakan, bahwa layanan peminjaman EVO 5 ini berawal dari bantuan yang diperoleh Mitra Netra dalam peningkatan kapasitas untuk memproduksi buku e-pub dan buku audio digital dari WIPO – World Intelectual Property Organization tahun 2018. Dalam bantuan tersebut, ada item kegiatan pengadaan alat bantu membaca buku (mobile reading device) Evo 5.
“EVO 5 ini dicoba oleh beberapa orang, dan ternyata penggunaannya sangat mudah, nyaman dan praktis untuk tunanetra” tutur Aria. Berdasarkan testimony dari beberapa anggota perpustakaan yang merasa nyaman menggunakan EVO 5, Mitra Netra kemudian melakukan kegiatan penggalangan dana untuk memperbanyak jumlah evo 5 yang kemudian akan dipinjamkan melalui perpustakaan Mitra Netra.

Program Pendistribusian EVO 5 ke Seluruh Indonesia

Mempertimbangkan kemudahan dan kenyamanan Evo 5, Mitra Netra tentu mengharapkan bukan hanya tunanetra di Jakarta yang dapat memanfaatkan alat bantu teknologi ini, maka, pada pertengahan tahun 2019, Mitra Netra memutuskan akan terus melakukan penggalangan dana untuk pengadaan Evo 5, untuk didistribusikan ke 48 perpustakaan untuk tunanetra yang telah bermitra dengan Yayasan Mitra Netra.
Pada September 2019, Mitra Netra mendistribusikan 5 buah alat bantu Evo 5 ke SLBNA Kota Bandung, di kompleks SLB tersebut ada perpustakaan khusus untuk tunanetra yang dikelola para alumni SLBNA Kota Bandung bersama pihak sekolah.
“Itu yang pertama, semoga terus bergerak ke kota-kota lain, Bismillah” ungkap Aria Indrawati..

Harapan Mitra Netra pada Program Pendistribusian EVO 5 ke Seluruh Indonesia

EVO 5 di atas tumpukan buku
Aria menjelaskan bahwa budaya membaca buku di kalangan tunanetra di Indonesia juga harus terus dibangun, agar terwujud masyarakat tunanetra yang gemar membaca dan belajar. Oleh karena itu, dengan program pendistribusian EVO 5 ini Mitra Netra berharap dapat membuat tunanetra di Indonesia lebih mengenal dan terbiasa dengan jenis buku untuk tunanetra lain, seperti buku audio digital dan e-pub, di samping buku braille. Selain itu, pendistribusian EVO 5 ini juga bertujuan agar Sahabat Tunanetra dapat memanfaatkan alat bantu teknologi tersebut untuk kemudahan dan kenyamanan membaca buku.
“Kita harus terus mendekatkan teknologi ke para tunanetra, agar mereka tidak ketinggalan. Apalagi Evo 5 juga dapat digunakan untuk merekam; sangat cocok untuk mahasiswa” Pungkas Aria bersemangat.

Baca juga: Akhirnya Ada Dukungan Regulasi Untuk Layanan Fasilitasi Akses Tunanetra Ke Buku

Ayo! Ikut Berdonasi untuk Kemudahan Sahabat Tunanetra Membaca buku

Nah! Sudah tahu bukan, bagaimana Sahabat Tunanetra dapat membaca buku dengan mudah dan praktis? Jika Mitra Netra mampu mewujudkan program pendistribusian alat bantu pembaca buku EVO 5 ini ke seluruh Indonesia, maka akan semakin banyak pula senyum-senyum ceria yang menghiasi wajah Sahabat Tunanetra. Tak hanya itu, akan banyak pengetahuan yang dapat membuka jalan pikiran mereka. Karena meskipun mata tak dapat melihat, tapi pengetahuan dapat menjadi pelita di jalan kehidupan yang mereka lewati.
Berikan kontribusi dan bantuan untuk program pengadaan EVO 5 dengan menghubungi Mitra Netra via email di office@mitranetra.or.id atau aria@mitranetra.or.id,serta transfer dana ke rekening atas nama Yayasan Mitra Netra dengan pesan khusus bahwa donasi ini diamanahkan untuk pengadaan Evo 5.

*Juwita Maulida