Ini Dia! 4 Alat Bantu untuk Keseharian Penyandang Low Vision

Penyandang tunanetra umumnya digolongkan menjadi dua kategori, yakni tunanetra total dan tunanetra low vision. Tunanetra low vision merupakan seseorang yang memiliki gangguan penglihatan, akan tetapi masih memiliki sisa penglihatan dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan menggunakan alat bantu.  Berbagai alat bantu untuk penyandang low vision ini cukup beragam, seperti magnifier, teleskop dan keyboard komputer eksternal. Nah, seperti apa fungsi alat-alat bantu tersebut ya? Simak ulasannya berikut ini ya!


Magnifier Dome dan Handheld

Magnifier merupakan alat bantu yang lazim digunakan oleh para penyandang low vision. Fungsi alat ini mirip seperti kaca pembesar atau luv, yakni memperbesar ukuran tulisan, gambar atau benda yang dilihat oleh Sahabat low vision. Jenis magnifier ini bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu dome dan handheld. Magnifier dengan tipe dome umumnya berbentuk bulat seperti kaca pembesar, namun berukuran kecil dan tidak dilengkapi dengan pegangan tangan. Sedangkan untuk tipe handheld memiliki pegangan tangan serta bentuk yang lebih bervariasi, seperti misalnya bulat dan kotak. Untuk ukuran perbesaran, baik magnifier dengan tipe dome atau handheld memiliki perbesaran antara 2 hingga 16. Salah satu kelebihan alat bantu untuk Sahabat low vision ini adalah praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Baca juga: 5 benda yang perlu dipersiapkan tunanetra menjelang masuk sekolah

Teleskop

Pernahkah kamu melihat seseorang menggunakan teleskop? Nah, teleskop yang menjadi alat bantu Sahabat low vision ini juga memiliki fungsi dan cara penggunaan yang serupa dengan teleskop umumnya. Teleskop ini berbentuk tabung kecil sepanjang genggaman tangan. Para penyandang low vision menggunakan teleskop ini untuk memandang objek yang letaknya cukup jauh. Seperti misalnya, melihat nomor kendaraan umum, membaca tulisan pada papan tulis di sekolah atau melihat objek yang agak jauh. Ukuran pembesaran teleskop ini sangat beragam. Mulai dari perbesaran 2 kali, 4 kali, 8 kali dan 10 kali. Serupa dengan magnifier, teleskop ini juga sangat simple dan mudah dibawwa ke mana-mana, lho!

Portable Digital Magnifier

Alat bantu bagi penyandang low vision yang ketiga disebut portable digital magnifier. Apa perbedaan magnifier ini dengan sebelumnya? Perbedaannya adalah dari segi penggunaannya. Portable digital magnifier ini dapat dipasangkan ke perangkat komputer atau laptop dengan kabel data. Bentuknya yang seperti huruf L dan fleksibel, memungkinkan lensa magnifier diarahkan ke beberapa titik. Seperti misalnya ke arah  Keyboard laptop atau papan tulis di depan Sahabat Low Vision. Ukuran perbesarannya adalah 16 kali dengan ukuran lensa 4 inchi dan perbesaran 19 kali dengan ukuran lensa 9 inchi. Salah satu kekurangan dari alat ini adalah ukurannya yang terlalu besar, sehingga kurang praktis untuk dibawa-bawa.

Baca juga: Menumbuhkan Sikap Gemar Membaca Buku pada Tunanetra dengan Alat Bantu EVO 5

Keyboard Komputer Eksternal

keyboard dengan warna yang kontras dan huruf yang lebih besar daripada keyboard pada umumnya

Sekilas mungkin keyboard komputer eksternal terlihat serupa dengan keyboard komputer pada umumnya. Tapi jika diperhatikan dengan cermat, ada yang beda dengan alat bantu untuk penyandang low vision ini, lho! Karena diperuntukkan khusus bagi Sahabat Low Vision, maka tanda huruf yang tertera pada tombol keyboard, ukurannya dibuat lebih besar dan tebal. Tujuannya agar para penyandang low vision dapat melihat huruf tersebut dengan cukup jelas. Di samping itu, warna pada keybord ini juga dibuat kontras, yakni warna kuning dengan tulisan hitam. Untuk penggunaannya cukup mudah. Alat yang sering disebut dengan keyboard eksternal ini dapat disambungkan pada komputer atau laptop dengan menghubungkan kabel data pada USB perangkat. Mudah kan!

Nah! itulah beberapa benda yang bisa menjadi alat bantu bagi penyandang low vision yang bermanfaat untuk membantu berbagai aktivitas sehari-hari. So, di mana sih bisa mendapatkan benda-benda tersebut atau alat bantu tunanetra lainnya. Kunjungi online store Tokopedia PT. Visi Inklusi atau kamu juga bisa menghubungi toko offline Visi Inklusi di Yayasan Mitra Netra, jalan Gunung Balong II no. 58 Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Telepon 021-7651386.

*Juwita Maulida