Teledonasi
Daftar Donatur melalui Teledonasi
Laporan Hasil Penghimpunan dan Penggunaan Dana Kampanye Teledonasi Yayasan Mitra Netra
Sebagai lembaga nirlaba yang memusatkan perhatiannya pada upaya peningkatan kualitas dan partisipasi tunanetra di bidang pendidikan dan pekerjaan, Yayasan Mitra Netra menyadari kondisi Indonesia yang masih dalam tahap penyadaran dan mendidik masyarakat tentang pentingnya pemberdayaan tunanetra bagi kemandirian mereka. Hingga kini, Mitra Netra belum dapat memungut biaya layanan (service fee) kepada tunanetra yang dilayaninya. Agar dapat menyediakan layanan bagi tunanetra, Mitra Netra melakukan berbagai upaya penghimpunan dana, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Menyadari donasi yang diberikan oleh lembaga donatur hanya dapat dilakukan dalam kurun waktu yang sangat terbatas, saat ini Mitra Netra juga mulai menggiatkan upaya penghimpunan dana dari donatur individu di dalam negeri. Salah satu upaya penghimpunan dana tersebut dilakukan dengan cara presentasi dan persuasi secara proaktif melalui telepon kepada calon donatur individu yang diberi nama Program Kampanye Teledonasi. Melalui program ini, Mitra Netra mengumpulkan donasi dari masyarakat dengan mengadakan perjanjian donasi yang disetujui oleh donatur melalui dua cara. Pertama, menawarkan kepada calon donatur untuk berdonasi melalui proses transfer sejumlah uang ke rekening bank atas nama Yayasan Mitra Netra di:- Bank BCA KCP Bona Indah, Nomor Rekening: 6080342444.
- Bank Mandiri KCP Lebak Bulus, Nomor Rekening: 1010002157913.
- Layanan rehabilitasi mental dalam bentuk layanan konseling;
- Penyelenggaraan kursus-kursus untuk kemandirian tunanetra, yang terdiri atas: kursus komputer bicara, kursus baca-tulis Braille, kursus Abakus (sempoa), kursus orientasi dan mobilitas, Klub Bahasa Inggris, dan Klub Bahasa Jerman;
- Layanan pendidikan inklusif di Jakarta dan sekitarnya;
- Layanan untuk orang tua yang memiliki anak balita tunanetra, berupa layanan konseling dan belajar baca-tulis Braille;
- Layanan distribusi buku untuk tunanetra di Indonesia; dan
- Layanan persiapan tunanetra bekerja.
- Memproduksi 150 judul buku Braille yang digandakan menjadi sekurang-kurangnya 5.000 copy/volume buku Braille; dan
- Memproduksi 300 judul buku audio digital yang digandakan menjadi 15.000 keping compact disk (CD).
- Mendistribusikannya melalui layanan perpustakaan Braille online (biasa disebut KEBI online yang beralamat di www.kebi.or.id). KEBI singkatan dari Komunitas Elektronik Braille Indonesia. KEBI beranggotakan lembaga yang memiliki mesin cetak buku Braille. Untuk menjadi anggota KEBI, lembaga tersebut tak perlu membayar. Jika mereka membutuhkan buku Braille untuk melayani tunanetra di lembaga mereka atau di daerah tempat mereka bekerja, representatif lembaga tersebut cukup mengunduh file buku Braille yang ada di dalam perpustakaan online ini kemudian mencetak file buku tersebut dengan mesin cetak Braille (Braille embosser) yang mereka miliki.
- Mengirimkan versi hardcopy buku Braille ke lembaga atau tunanetra yang membutuhkan.