Bank Permata merupakan bank yang tak asing lagi bagi Mitra Netra. Setelah mempekerjakan 6 orang sebagai tele sales agent, Bank Permata akan kembali menerima tunanetra untuk posisi yang sama. Tugas tunanetra yang terpilih adalah untuk mempromosikan produk-produk perbankan yang dihasilkan oleh Bank Permata kepada masyarakat. Kini bagi pelamar yaitu tunanetra yang telah menaruh CVnya ke Mitra Netra, akan melewati berbagai tahapan seleksi dari Mitra Netra dan Bank Permata

Sebelum diseleksi oleh Bank Permata, para tunanetra sudah harus sesuai dengan standar yang dimiliki oleh Mitra Netra. Standar yang dimaksud yaitu harus mempunyai ketrampilan komputer yang bagus dan sudah bersertifikat, mempunyai sikap yang baik (attitude), dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain (termasuk berbicara tidak memakai logat dan cara berbicara yang ramah kepada orang lain), mempunyai keinginan dan kesiapan untuk bekerja, dan berpenampilan rapih.

Ada berbagai tahapan seleksi bagi para klien Mitra Netra. Pada awalnya klien memberikan curriculum vitae kepada Mitra Netra, lalu setelah itu Mitra Netra akan menyeleksinya berdasarkan track record (attitude) mereka yang Mitra Netra miliki, dan jika pelamar sudah melengkapi dokumen yang diminta dan sudah dilihat track recordnya, maka tunanetra yaitu klien akan diundang untuk hadir di sesi wawancara oleh Mitra Netra. Sebelum diwawancara, pelamar akan dibriefing mengenai job description sebagai tele sales agent, setelah itu Mitra Netra akan mewawancara mereka. Di dalam sesi wawancara, mereka akan dilihat seberapa siapkah mereka untuk bekerja dan seberapa besarkah keinginan mereka untuk bekerja.

Dengan begitu, Mitra Netra dapat memilih tunanetra yang potensial untuk diwawancarai oleh pihak Bank Permata, dan pihak bank akan langsung menghubungi pelamar yang sudah diseleksi Mitra Netra untuk diwawancara. Sesudah pelamar diwawancarai oleh pihak bank, Bank Permata akan menseleksi mereka yang lulus tahap wawancara. Bagi mereka yang tidak lulus, Mitra Netra akan membina klien untuk membenahi apa yang kurang, dan yang terpilih oleh Bank Permata, akan mengikuti forum evaluasi, lalu setelah itu pelamar akan mulai bekerja di Bank Permata sebagai tele sales agent.

Nantinya, tunanetra yang terpilih akan bekerja dengan menggunakan komputer, yang dilengkapi dengan fasilitas perangkat lunak pembaca layar yang telah disediakan oleh Bank Permata. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi para klien untuk memperkaya diri dengan ketrampilan-ketrampilan agar mendapatkan pekerjaan yang layak.

Leave Comment